Saturday 22 February 2014

Curhat Tengah Malam

Dulu, tahun 2010-2011, kalau nggak salah, masa-masanya saya doyan banget skype-an. Di sana saya ketemu banyak orang dengan beragam karakter. Kebanyakan dari mereka baik, baik banget malah. Cuma satu dua yang ngeselin dan maunya nggak jelas, dan biasanya nggak segan-segan langsung saya blokir, hheeee...

Teman skype favorit saya yang pertama namanya Sonya. Itu nama Englishnya, dia aslinya orang Korea. Hampir tiap malem kami skype-an, dulu ya dulu. Udah berasa sodara karena kami nyeritain beragam hal yang kami lakukan setiap hari. Sebenarnya kami bisa jadi nyambung banget gara-gara satu hal: K-Pop. Ngegosipin artis k-pop tuh udah paling asik banget, sampe lupa waktu. Selain soal k-pop, kami juga berbagi  macam-macam hal tentang daerah kami. Banyak hal yang saya baru tahu tentang Korea dari Sonya. Contoh:
1. Di Seoul tuh belum pernah terjadi "White Christmas", turun salju tepat di hari natal.
2. Orang Korea biasanya memilih agama. Sonya bilang waktu itu dia nggak punya agama, tapi menjelang 17 tahun dia bakal memilih Kristen sebagai agamanya
3. Di Korea murid-muridnya belajar sendiri sampe malem di ruangan mirip perpus gitu. Waktu itu dia pernah nelepon saya pas dia lagi di ruangan itu. Bodor banget lah, bukannya belajar malah skype-an coba, haha.
Abis ngobrol ngalor ngidul sama Sonya, biasanya besoknya saya bangun kesiangan gara-gara tidur kemaleman, huehehe.
Oh iya, orang tuanya Sonya itu punya restoran ayam goreng. Dia pernah bilang ke saya, kalau saya ke Korea dia bakal ngasih saya ayam gorem sampai saya kenyang. Dia juga nawarinbakal jadi tour guide saya. Dia bakal ngajak saya ke tempat-tempat wisata di Seoul. Hah... andai waktu itu saya bisa langsung ke Korea.
Dia sempat bilang mau ke Indonesia libur musim panas tahun lalu (2013) tapi entahlah nggak ada kabar lagi dari dianya juga. Kangen, kangen banget sebenernya ngobrol geje lagi sama Sonya. Tapi kayaknya dia udah mulai sibuk sama kegiatan kampusnya. Terakhir ngobrol dia bilang dia mau oplas. Cita-citanya pengen jadi pembawa berita, dan di Korea pembawa berita yang menarik adalah yang oplas. Ckckkck...
Sekarang mau nyapa dia lagi di facebook tuh malu. Pernah saya ngetag foto ke dia, tapi nggak ditanggepin *sedih. Padahal dia dulu ramah banget, sering on skype, kalau sekarang nggak pernah lagi saya papasan sama dia di skype.

Favorit saya yang kedua adalah Ernie. Dia orang Korea juga. Umur kami beda 6 tahun kalau nggak salah. Waktu itu ilmu bahasa Korea saya masih cetek banget, saya manggil dia 'Oppa' coba. Kalau sekarang, eudeuuh malu banget manggil orang yang baru dikenal dengan sebutan itu -_- . Tapi waktu itu tanggapan Ernie fine fine aja, mungkin dia maklum, haha.
Dia tuh emang temen cowok di skype yang paling baik! Kenapa? Dia nggak pernah sekalipun minta webcam.  I do really appreciate it. Malah jadi sayanya yang penasaran sama mukanya Ernie. Tapi saya mau minta webcam duluan malu. Akhirnya sih saya tahu mukanya dia dari facebook.
Saya inget waktu dulu awal-awal manggil dia Oppa, dia pernah merespon: "Atau kamu mau saya bilang 'Oppa is here'?" hueeee saya langsung ngakak plus memerah muka saya gara-gara ditanya kayak gitu. Persisnya lupa sih saya awalnya ngomong apa, tapi intinya yang saya ingat dia pernah bilang kayak gitu. Bagian Oppa is here-nya itu lho yang unforgettable banget. Ernie sendiri yang bilangnya aja ketawa. Dia bilang, itu tuh kayak ngomong ke anak kecil (baca:balita), Oppa is here, WKWKKW. Mengingat kalimat itu aja saya masih suka senyum-senyum, HAHAHA.
Ernie juga pernah bantuin saya bikin pidato bahasa Korea. Dia ngebacain tulisan Koreanya biar saya nggak salah pengucapan, baik banget kaan... Sampai sekarang saya masih punya rekaman suaranya hihi. Terus terus selain itu, tiap skype-an dia hampir selalu nyiapin bahan untuk 'English Class' kami. Maklum dia kuliahnya jurusan pendidikan bahasa Inggris, jadi dia juga mau latihan jadi guru bahasa Inggris. Di English Class itu dia ngasih saya beberapa pertanyaan, saya coba jawab, kalau ada yang salah dia jelasin jawaban yang benarnya seperti apa *terharu.
Oh iya, pernah waktu itu lagi asyik ngobrol, tiba-tiba di rumah saya mati lampu. Saya bilang kan ke dia, eh dia bilang jangan takut, saya temenin. Dalam hati: Oppaaaa :') . Akhirnya kami skype-an sampe baterai laptop saya habis. Nggak akan saya lupain kejadian malam itu! Oh iya, waktu itu pas gelap-gelap itu yang kami bahas apa coba? Kim Jong Il! Itu mantan presiden Korut. Kami membaca sebuah berita tentang kematian Kim Jong Il. Kami baca itu secara bergantian perparagraf. Selesai membaca, kami diskusi tentang Korut, hubungan Korsel-Korut, perang Korea, dll.
Banyak banget hal-hal yang kami ceritakan satu sama lain, yang kalau saya ceritakan semua di sini bakal menghabiskan banyak space dan waktu, hehe.

Yang ketiga ada Mauricio. Dia pernah bikin saya blushing, ceileh lebay. Gara-gara? Malu. Awalnya gini, kami webcam-an, waktu itu dia lagi ada di kamarnya. Kamarnya rapi banget lho guys. Pas lagi ngobrol itu saya lihat ada gitar di atas kasurnya. Singkat cerita dia mau main gitar di depan saya! Oke saya tahu itu biasa aja. Tapi waktu itu saya masih SMA, well, SMK, ababil gitu lah. Digitarin kayak gitu aja ngerasa gimanaa gitu. Terus pas selesai dia nyanyi sambil ngegitar itu, dia ngasih tau saya bahwa itu lagu Greenday. Yang saya tangkap waktu itu, itu judulnya Greenday, eh ternyata maksudnya adalah band Greenday. Ya ampuuun, oke, waktu itu saya sok cool nahan muka malu saya. Webcam-an tuh susahnya gitu sih, kalau malu harus pinter-pinter akting (baca: nutup-nutupin), biar nggak tambah malu, hahaha.
Kenal sama Mauricio artinya kenal sama beberapa orang terdekat Mauricio. Saya pernah ketemu beberapa temannya waktu kami lagi webcam-an, ketemu adiknya, tantenya, sampai pembantunya.
Sekarang, saya nggak pernah ngobrol lagi sama dia. Gara-garanya sih saya lamaaaaa banget nggak buka-buka skype. Tapi di facebook kami masih suka saling sapa, kadang-kadang sih. Terakhir kali nyapanya juga udah lama banget, beberapa bulan yang lalu kali -_- /

Ada lagi David Cohen. Orang Brazil, sama kayak Mauricio. Englishnya David ini mantep banget, secara dia kuliah jurusan jurnalisme. Lidahnya mudah beradaptasi dengan berbagai aksen bahasa asing. Masa ya, waktu itu dia ngucapin kata dalam bahasa Indonesia dengan aksen mirip banget seperti orang Indonesia. Saya tanya apa dia belajar bahasa Indonesia. Dia bilang nggak. Terlepas dari dia bicara jujur atau nggak, yang saya tau pasti dia emang suka belajar bahasa asing.
Kalau ngobrol sama David kurang bisa nyantai. Topik yang dibahas tinggi-tinggi, membutuhkan vocab yang tinggi juga, which is my weakness -_- . Topik yang pernah kami bahas di antaranya agama, politik, budaya tradisional, dan literatur. Dalam obrolan-obrolan itu saya lebih banyak sebagai pendengar aja hehe. Abisnya suka bingung mau nanggepin apa, bukan masalah bingung 'apa yang harus diomongin' tapi masalah 'bagaimana menyampaikannya'. Asli, kadang frustasi juga dan ujung-ujungnya saya bilang "Ah, nevermind." Makanya kalau dia nelepon, saya suka deg-degan. Dalam hati, "Mau ngobrolin apa lagi nih." Tapi, waktu itu dia baik banget kok, samasekali nggak kelihatan mau pamer dengan Englishnya yang expert itu. Padahal di Brazil, English termasuk foreign language juga, bukan official.

Dan ada juga orang China namanya Alysha Wang. Panggilannya Alysha. Dia baik, tapi pernah juga bikin saya kesel. Nggak tau saya pernah kesel kenapa, lupa, hehe. Yang paling saya ingat, waktu itu kami webcam-an, dan saya hampir kaget dengan latar belakang tempatnya. Alysha waktu itu lagi ada di warnet. Dan suasana warnetnya tuh mirip banget kayak di Indonesia. Warnetnya di pinggir jalan, jadi pas lagi ngobrol tuh sering terganggu sama suara kendaraan yang lewat. Berisik banget. Akhirnya nggak lama udahan webcam-annya. Sebelum selesai, Alysha sempat memperkenalkan adiknya ke saya. Ternyata warnet itu punya adiknya, eh, nggak tau lagi dijaga sama adiknya. Nggak tau lah lupa, hehe.
Oh iya, Alysha itu kerja di perusahaan pariwisata sebagai tour guide. Dia juga pernah menjanjikan ke saya bakal nemenin saya kalau saya ke China. Masih inget nggak ya dianya...

Satu lagi, orang China juga. Aksen bahasa Inggrisnya yang paling lucu di antara teman-teman yang saya sebutkan di atas. Namanya Li Shi Qiang (dibaca Li She Cyang), tapi aku lebih suka manggil dia Jackie Chan. Asli, dia mirip banget Jackie Chan, versi mudanya pastinya. Dia suka ketawa aja kalau saya panggil Jackie Chan.
Momen yang paling saya inget itu waktu kami webcam-an, dia lagi ada di asramanya. Awalnya kami cuma berdua. Terus dateng satu temannya. Dateng lagi satu. Dateng lagi satu. Entah sampai berapa orang, pokoknya tuh kamar keliatan penuh. Lucunya, kami lagi sama-sama makan cemilan. Terus kami saling pamer cemilan gitu. Terus kami saling ngasih cemilan lewat webcam, gimana caranya coba? Yaah pura-pura ngambil cemilannya aja, hehehe.
Si Jackie Chan nggak pernah kelihatan on skype lagi. Saya juga nggak punya facebooknya. Lost contact banget pokoknya saya sama teman saya yang satu ini.


Hmmm... Mereka itu sih yang paling saya inget. Maaf yah yang lainnya, bukannya nggak inget, tapi mungkin di postingan saya berikutnya aja saya ceritakan tentang kalian. Yey, emang apa untungnya juga diceritain di sini??? :-P hehehe.

Maaf nggak jelas banget ya postingannya. Saya lagi rindu sama mereka semua. Tapi apa mereka juga merindukan saya? WKWKKWKWK.... Nggak banget ini!

Penutup, saya mau mencoba merangkai kata. Masa-masa indah yang kita alami itu memang tidak ada yang abadi, hanya kenangannya di memori kita saja yang akan tetap abadi.
Selama belum pikun :-P . Oke, see ya, guys!

No comments:

Post a Comment

What do you think about my post?