Saturday 8 February 2014

Agar Permohonan Google Adsense Diterima

Bulan Januari, entah tanggal berapa, saya iseng-iseng melamar Google Adsense. Pada tau kan? Itu lho salah satu program Google yang menggaji blogger dengan cara menayangkan iklan di blognya. Dan tentu saja, agar blogger mendapat bayaran, iklan tersebut haruslah diklik oleh pengunjung blog.

Beberapa waktu yang lalu saya iseng(lagi) membuka blog saya. Jreng jreng..... saya kaget melihat ada banner iklan Zalora dan Nikon nongol di halaman blog saya. Saya baru ingat saya pernah daftar program Google Adsense. Buru-buru saya mengecek email Yahoo, kosong, tidak ada email dari Google. Lalu saya buka gmail. Ow ow ow... ada email dari adsense-noreply. Saya buka, dan inilah isinya...


Hampir samasekali tidak percaya saya waktu membaca email itu. Mengapa? Saya tahu pasti berapa kali halaman blog saya pernah ditayangkan. Tebak berapa. Sepuluhribu saja tidak, limaribu saja tidak, yang benar 2400-an. Yap, baru 2400 kali halaman blog saya dibuka. Postingannya pun baru 26. Makanya saya sangat sangat surprised dengan email tersebut, sekaligus senang :-D .

Ketika saya analisis, ceileh, sepertinya yang membuat saya diterima di program Adsense adalah karena dua artikel saya:

1. Pemusnahan Virus Vipufliapc
2. Harry Potter PowerPoint Template

Dua artikel di atas adalah yang paling laris di antara postingan saya yang lain. Setiap hari ada saja yang membukanya. Nah, kemudian saya menyimpulkan ini:

Agar lamaran Google Adsense diterima, syarat yang paling penting dan utama itu sebenarnya terletak pada isi postingannya. Usahakan postingan tersebut akan sering muncul di mesin pencari Google, artinya, carilah tema tulisan yang paling sering dicari para pengguna internet.

Kalau saya, misalnya postingan tentang vipufliapc itu. Di situ saya berbagi pengalaman saya memblokir si virus. Kemudian postingan template Powerpoint Harry Potter. Siapa sih di dunia ini yang tidak tahu Harry Potter? Minimal pernah dengar deh, hehe.

Jadi, intinya agar Google menyetujui permohonan Google Adsense Anda, usahakan:
1.     Tema tulisan haruslah yang kira-kira sedang banyak dicari orang
2.     Tulislah tentang sesuatu yang populer (baca: mendunia) dan diketahui orang banyak
Dengan tema yang cerdik dan tujuan pasar yang banyak, kemungkinan besar postingan Anda akan banyak diklik orang, dan akhirnya Google bisa mempertimbangkan blog Anda sebagai sarana iklan.

Yah, itu sekadar pengalaman saya, semoga bisa bermanfaat. Semoga beruntung! :-)

2 comments:

  1. Wah, selamat yak.. Sekarang udah dapet berapak balance di google adsensenya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih :) aduh masih dikit banget hehe. Makasih udah mampir :)

      Delete

What do you think about my post?