Sunday 3 November 2013

The U.S. Capitol, Rotunda, dan The Apotheosis of Washington

Salah satu bab di The Lost Symbol membuat saya penasaran, seperti apa sih U.S. Capitol itu? Rotunda itu gimana sih? Lukisan yang dipercaya sebagai ‘pentransformasian George Washington menjadi dewa’ itu kayak gimana sih gambarnya?

Pertanyaan-pertanyaan  itu akhirnya memaksa saya mengetikkan kata kunci tersebut ke dalam Google. Jreng jreng jreng!! Ini dia penampakannya.

1. The U.S. Capitol
Ini hasil comot dari wikipedia, belum sempat motret sendiri, hihi.

Gedung ini dipakai oleh Kongres Amerika Serikat, itu lho DPR-nya Amerika Serikat. Terletak di Washington D.C. di puncak Capitol Hill. Eh, eh, sekilas mirip masjid ya, hehe.



2. Capitol Rotunda
Capitol Rotunda adalah sebuah ruangan berbentuk lingkaran, berkubah, dengan diameter 96 kaki dan tinggi 180 kaki. Di dalam gedung U.S. Capitol, ruangan ini terletak di tengah-tengah lantai dua. Di bagian dalam kubah besar yang menaungi lantai Rotunda terdapat lukisan berjudul The Apotheosis of Washington. Dinding-dinding Rotunda juga dihiasi lukisan-lukisan mengenai sejarah Amerika. Berikut adalah gambarnya:
Kubah di atas sana bergambar lukisan karya Michelangelo-nya Amerika

Huu pengen juga dong jadi salah satu turisnya *mupeng



3. The Apotheosis of Washington
Lukisan ini dilukis oleh Constantino Brumidi tahun 1865. Menggambarkan George Washington yang sedang berada pada kejayaannya, diapit dua wanita yang melambangkan Liberty dan Victory/Fame, dan dikelilingi enam kelompok figur lain. Ini adalah lukisan yang ada di atas Rotunda, guys!
Dalam The Lost Symbol dijelaskan, apotheosis berasal dari bahasa Yunani, 'apo' artinya 'menjadi', dan 'theos' aritnya 'Tuhan'. Jadi, apotheosis artinya transformasi menjadi Tuhan. Mungkinkah di sini Pak Washington memang sedang bertransformasi menjadi Tuhan?


Bisa lihat nggak gambar George Washington di tengah-tengah kubah itu? Nggak bisa? Nggak jelas? Nih gambar jelasnya:


8 comments:

  1. Kalo liat Pose Washington di tengah Kubah Capitol mirip sama pose nya bephomet (Satan) mirip banget malah.....kebetulan kah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ngebedain, tangannya yang ke atas (tangan kiri), jarinya nggak nunjuk ke atas A. Malah megang apa lah itu mirip keris. Kalo tangan kanannya yg ke bawah emang iya mirip. Entahlah... Si Washington nih emang byk misterinya (efek The Lost Symbol, hihi).

      Delete
  2. hahaha... efek the lost symbol juga nyari artikel gini an...

    ReplyDelete
  3. haha efek buku dan brown yang penulisannya dipenuhi detail" pun tetap akan membuat orang penasaran dan menelusuri setiap hal hal yang jarang ataupun baru dijumpai ketika membaca buku tersebut. I like it.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, betul sekali! Dan Brown pandai membuat pembacanya penasaran, haha. Makasih udah mampir :-)

      Delete
  4. hahaha saya malah baru baca the lost symbol nya dan brown nih..
    bahasanya berat, jadi kalo pas baca kudu sambil online, biar imajinasinya dua arah.
    eh dapet artikel ini, pas taun 2013 pula.. saya telat baca buku nya nih.. haha
    thanks ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Laras, welcome to the club, haha. Maaf baru bisa balas komennya sekarang. Pasti sekarang udah selesai ya Mbak bacanya? ^^
      Makasih ya udah mampir :)

      Delete

What do you think about my post?