Sunday 28 January 2018

Markibung!

Dari dulu saya sukaaa sekali sama buku. Saya lebih milih main ke toko buku daripada main ke Timezone. Bacaan favorit saya jaman SD adalah majalah Bobo, seneng banget ngoleksi itu sampai pernah berdoa agar bisa berlangganan Bobo selamanya. Saya juga suka baca komik dan novel ringan, sampai saya daftar jadi anggota Taman Bacaan Lovy. Biasanya saya pinjam One Piece, Kobochan, Monika, kumpulan cerpen, Goosebumps, daan masih banyak lagi, entahlah saya lupa.

Mulai SMP saya belajar baca novel yang lebih tebal. Perkenalan pertama dengan Harry Potter and The Chamber of Secret. Saya baca itu setelah berkunjung ke rumah teman dan malah diajak nonton film Harpot, eh suka, eh ketagihan. Kebetulan om saya dulu pernah punya perpustakaan kecil-kecilan, dan salah satu koleksinya itu serial Harpot. Saya menemukan novel kedua serial Harpot itu terbengkalai di rak bawah meja tamu, makanya saya bawa saja tanpa izin si pemilik, hhe.

Zaman berubah, teknologi mulai menguasai setiap lini kehidupan. Smartphone menjamur, semua orang dari anak-anak sampai kakek-nenek sudah terbiasa dengan barang satu ini. Dampak positifnya, sekarang informasi apapun sangat mudah didapat melalui layar kecil itu. Dampak negatifnya, itu terlalu mudah, membuat otak kurang berlatih, kurang nge-gym. Apa yang ada di smartphone juga sering membuai si pemilik, salah satunya games. Saya ikut merasakan dampak negatif itu. Saya sadar perubahan pada hobi saya. Saya sudah kurang terbiasa lagi membaca novel-novel tebal, kalaupun saya baca, pasti memakan waktu lama, padahal dulu Harry Potter and The Goblet of Fire saya habiskan kurang dari seminggu.

Saya tidak ingin generasi saya selanjutnya terkena dampak negatif smartphone. Saya harus membuat mereka senang membaca, haus akan ilmu, belajar sungguh-sungguh, berpikir hingga lelah, berkarya seorisinal mungkin, bukan asal copy-paste dari hasil pencarian di Google, mencontek itu namanya, no no no, tidak boleh.

Dan saya menemukan hal-hal menggemaskan ini.



Saya tidak sabar membeli itu semua, saya tidak sabar membacakan cerita-cerita, menemani mereka bermain sambil belajar,  menjawab pertanyaan-pertanyaan polos yang mengejutkan, pokoknya saya ingin memberikan yang terbaik pada masa golden age-nya. Tidak murah, tapi bukan sesuatu yang terlalu mahal untuk investasi jangka panjang. Saya akan usahakan yang terbaik. Markibung, mari kita nabung!

No comments:

Post a Comment

What do you think about my post?